About Me

Powered by Blogger.

Search This Blog

Translate

Statistik

Tinggalkan Jejakmu Disini

Pages

Menghadapi Atasan yang Talk-Active

Apr 13, 2012 | Admin

Di dunia kerja tentu saja tidak terlepas dari adanya seorang atasan dan seorang bawahan, yang dengan berbagai macam karakteristik seorang atasan. Salah satu nya adalah berkarakter sangat aktif berbicara (talk-active). Dan jika saya menjadi seorang bawahan dan memiliki manager yang seperti itu,  bagaimana seharusnya saya bersikap ? dan apa yang harus saya lakukan untuk bisa berkomunikasi secara efektif mengingat atasan saya  sangat aktif  berbicara.

Salah satu cara yang bisa saya lakukan untuk berkomunikasi dengan atasan secara efektif, pertama adalah dengan menyesuaikan gaya berkomunikasi atasan saya. Dengan cara menjadi pendengar yang baik, dengan demikian saya dapat mengidentifikasi apakah dia termasuk ke dalam tipe visual, audio atau kinestetik, sehingga mudah untuk memahami maksud dan tujuan percakapan tersebut, dan saya juga bisa mengerti apa yang diinginkan oleh atasan saya.

Dan menerapkan metode yang telah saya pelajari yaitu dengan menggunakan pilihan kata yang baik dan memperhatikan nada atau intonasi bicara. Selain itu, juga perlu menerapkan metode Pacing to Leading , Matching and Mirroring agar saat bicara dengan atasan tidak terlalu kaku, dan dapat menciptakan keakraban antara atasan dan bawahan. Karena bagaimanapun keberhasilan dalam berkarir tidak semata-mata ditentukan oleh bagaimana kita menyelesaikan pekerjaan dengan baik, atau seberapa baik kita mencapai sasaran kerja, tetapi juga ditentukan oleh bagaimana kita menjalin hubungan dengan atasan kita. Apabila komunikasi sudah berjalan dengan baik, maka hubungan dengan atasan akan baik pula, pekerjaan pun akan mudah dikerjakan dengan suasana kerja yang mendukung dari atasan, dengan kita mampu mengatasi atasan walaupun dia memiliki karakter yang aktif berbicara.

Tags: | 0 komentar

0 komentar:

Post a Comment