About Me

Powered by Blogger.

Search This Blog

Translate

Statistik

Tinggalkan Jejakmu Disini

Pages

Mengembangkan Diri dengan Soft Skills

Apr 13, 2012 | Admin

Kesuksesan bukan hanya datang pada seseorang yang pandai dalam bidang kompetensi tertentu atau yang biasa disebut dengan kemampuan Hard Skill, namun ada hal lain yang mendorong untuk meningkatkan kemampuan hardskill pada diri kita sendiri. Lantas apakah yang menjadi pendorong tersebut ??

Seperti yang kita ketahui bahwa dalam lingkup lingkungan sosial ataupun lingkup dunia kerja saat ini, sumber daya manusia yang unggul tidak hanya memiliki kemampuan hardskill saja melainkan juga memiliki kemampuan dalam aspek soft kills nya. Oleh karena itu, dibutuhkan beberapa atribut khusus yang perlu kita miliki untuk membuat diri menjadi lebih berharga di tengah masyarakat, yaitu dengan mempelajari dan mengkombinasikan keterampilan hardskill dan soft skills serta menerapkannya dalamm kehidupan sehari-hari.


Seperti kemampuan IQ, EQ dan SQ yang ketiganya sangat penting dan harus seimbang. Karena soft skills lebih mengarah pada keterampilan psikologis dan pembinaan mental maka dampak yang diakibatkan lebih tidak kasat mata, namun tetap bisa dirasakan. Sebagai akibat yang bisa dirasakan adalah perilaku sopan, disiplin, percaya diri, keteguhan hati, kemampuan kerjasama, membantu orang lain dan sebagainya. Yang kemudian diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan keterampilan soft skills tersebut dan mengkombinasikannya dengan beberapa keahlian misalnya dalam pekerjaan untuk mengelola tugas atau mengelola manusia di lingkungan masyarakat untuk mampu berhubungan dengan orang-orang yang diajak bekerja sama. Yang akan sangat membantu meningkatkan keahlian sosial dan menjadi lebih dekat dengan orang sekitar. Dan tentunya sangat membantu untuk mencapai kesuksesan.

Tetap semangat kawan ^_^

Tags: | 0 komentar

0 komentar:

Post a Comment